October 27, 2014

Oleh-Oleh dari Yogyakarta


Selamat untuk Febryansyah Aminullah Lubis atas prestasinya di GT Joglosemar!



Berikut laporan dari Febry mengenai pengalamannya selama mengikuti GT Joglosemar tahun ini seperti yang dituliskan di Facebook.

Terakhir ikut itu GT Joglosemar 2011 di Jogja. Pake deck Six Samurai seadanya. Juara saat itu Josh dengan deck Agent. Sejak pindah ke ITB selalu kepengen ikutan lagi GT Joglosemar tapi selalu batal karena kendala waktu, biaya, serta lokasi yang tidak dikenal (Solo-Semarang). Kebetulan tahun ini diadain di Jogja yang notabene udah kenal sama kota dan ada waktu serta biaya, jadi pengen ikut. Awalnya rada ragu untuk ikut karena anak-anak kosan pada gamau ikut (karena biaya), berhubung udah kebelet pengen ikutan GT Joglosemar, YOLO deh berangkat sendiri!

Deck yang dipake adalah Shaddoll Artifact. Kenapa Shaddoll Artifact dan bukan varian lain macem Ligthsworn ataupun Chaos atau bahkan Over-40-Card-Control? Karena sejujurnya paling suka sama varian Artifact yang playnya lebih ke control field dibanding main aggresive dan gampang disrupt play lawan via Sanctum-Moralltach/Ignition-Beagalltach.

Lightsworn varian sebenernya jago, bisa nge OTK lawan dan punya banyak boss monster, tapi gasuka sama mill-nya yang terlalu random dan ngerasa milling deck itu bukan sesuatu yang benar untuk deck dengan monster count yang biasanya cuma ada di angka 21. Selain itu, status Soul Charge yang Limit di format sekarang ngebuat makin gasuka main varian ini. Dengan 3 Soul Charge yang seharusnya ngebuat varian ini bener-bener jago aja gasuka maennya, apalagi cuma boleh bawa 1? LOL Chaos varian dengan campuran Wyverbuster + Collapserpent + Eclipse + DAD adalah varian pertama yang dicoba begitu DUEA rilis dan sangat gasuka sama inkonsistensi yang dihasilkan. Over-40-Card-Control sebenernya belom pernah properly dicoba, tapi ngerasa perlu bawa 3 Kuribandit untuk build kayak gitu dan tetep aja gasuka milling random kalo monster count dikit.

Opsi lain sebenernya masih punya deck Bujin dan sempat berniat pinjem BA punya Paschal Muhammad Reza. Bujin rasanya bukan pilihan yang tepat untuk dibawa, apalagi dengan kondisi punya deck Shaddoll yang overall lebih superior. Udah sempet pinjem BA untuk testing. Setelah dicoba, saya ngerasa decknya ga punya tujuan dan cuma muter-muter doang loop Dante-Cir walaupun trapnya bangsat semua. Dan akhirnya pilihan pun jatuh pada deck Shaddoll Artifact!

Berangkat tanggal 24 Oktober 2014 pukul 16.00 dengan kereta Mutiara Selatan dari Stasiun Bandung menuju Stasiun Jogjakarta, berharap bisa tidur di perjalanan supaya ga terlalu capek dan bisa fit untuk paginya. Sayangnya cuma bisa tidur sekitar 2-3 jam (itu pun tidurnya ga berkualitas) selama hampir 9 jam perjalanan. Sampai stasiun Jogja pukul 00.46 (waktu di tiket ) dan udah ditungguin temen yang ngejemput. Berhubung kondisi super laper, langsung melesat ke Warung Semesta untuk makan malam dan sampai di kosan temen sekitar pukul 02.00. Udah berniat pengen tidur nyenyak sampai pukul 07.00 biar istirahat cukup. Sayangnya ga bisa tidur dan lagi-lagi tidur kurang berkualitas selama kurang lebih 4 jam. Bangun langsung mandi, sarapan ke burjo, dan menuju tempat turnamen!

Sampai lokasi sekitar pukul 08.30 dan kondisi masih sepi. Sempet nostalgia bentar sama anak-anak Jogja yang jadinya pada pinjem-pinjem kartu yang ga dipake. Setelah menunggu cukup lama sambil ngobrol-ngobrol, pairing pun dimulai sekitar pukul 11.00!

Round 1 vs Arief Putera, Bandung - Evol
Pairing 1 langsung ketemu temen sesama asal Bandung, berasa pengen balik ke Hobbies aja -___-
G1: Lupa lengkapnya. Yang diinget cuma bikin Armades nabok Westlo terus tabok tabok aja, musuk badhand nampaknya
G2: Sempet SS Flying "C" ke field lawan yang bikin dia galau. Ujung-ujungnya Flying "C" suicide. Lawan punya 4x Level 4 monster abis itu. Bikin 101 dan Castel, tapi next turn hand bisa handle dan GG.

Win 2-0

Round 2 vs Kiba, Solo - Bujin
G1: Lawan open Duality add Honest, summon Yamato. Sempat terdesak pas lawan Bujincarnation bikin Susanowo. Kondisi field gw saat itu Construct, Moralltach attack position, Beagalltach defense position (baru pada keluar hasil Sanctum). LP sisa 1200. Kalo musuh pake efek Susanowo ambil Crane terus tabok Moral sambil lempar Crane sih gw tewas. Untungnya musuh missplay malah ambil Yamato yang akhirnya bikin gw masih bisa control game.
G2: Lawan badhand, menang cepat.

Win 2-0

Round 3 vs Dhoni, Jogja - Fire Fist King 60-Card
G1: Lupa lengkapnya. Lawan sempet NS Wolfbark SS Wolfbark, Xyz Tiger King, set Tenki add Bear. Terus tau-tau backrow lawan penuh Fire Formation semua. Untungnya bisa control field terus menang.
G2: Lawan bas hand, openingnya ada Seventh One. Dia NS FK Yaksha. Bisa bikin Armades dan menang dengan cepat rasanya.

Win 2-0

Round 4 vs Freddy Masito Sitorus a.k.a. Aday, Jogja - 60-Card Control
G1: First Turn Aday bikin Midrash++ dan set 2. Turn gw cuma bisa set Hedgehog. Next coba Shaddoll Fusion dan kena Emptiness. Kejadian tersebut terjadi sampe 2x, krik krik dah.
G2: Badhand paling parah hari itu, tewas dengan mudah.

Lose 0-2

Round 5 vs Keju, Solo - Chaos Dragon
G1: Lawannya slowplay, G1 sampe 25 menit. Itu pun kondisinya gw sekup karena tau waktu tinggal dikit dan susah turn table.
G2: Ngerush dari awal, Time call menang LP
G3: Musuh opening Raiden, mill ROTA dan D.D. Crow. Banish Crow, SS Wyverbuster, Xyz Cowboy defense position. Tembak 800. Fak.

Lose 1-2

Mulai ga tenang, pikiran kacau.

Round 6 vs Danang, Malang - Hieratic Ruler
G1: Lawan open Gold Sarcophagus, banish Tempest add Debris set 1 depan. Yakin kalo itu Flamvell Guard. Sampe bbrp turn selanjutnya lawan ga ada play. Ingetnya kondisi field lawan Stardust + Gaia Dragon. Turn gw NS Falco, Synchro sama Beagalltach yang di field bikin Michael. Bayar 1000 tiup Stardust. Shaddol Fusion keluarin Construct. SS BLS-EoTB. OTK.
G2. Lawan open Angel of Zera set 2, yang 1 Macro Cosmos. Bisa sempet kasih damage, LP lawan sisa 5400 (lupa diapain Zera dia, yang pasti nongol lagi). Terus ingetnya beberapa turn kemudian kondisi field gw Beagalltach + 1 monster. Turn gw itu, gw tribute monster selain Beagalltach untuk summon Beast. Xyz jadi Volca. Tembak 2800. Tumpuk jadi Gaia, tabok 2600. GG.

Win 2-0

Mulai optimis bisa tembus top cut kalo menang Round terakhir. Berharap ga ketemu anak Bandung atau BA. Ternyata...

Round 7 vs Belfa Noveli Wijendra, Bandung - Burning Abyss Feat. 2 Dante
G1: Lupa gimana. Kalo ga salah menang berkat bantuan Pleiades
G2: Gorz Belfa keluar 2x, ga kuat...
G3: Ngerush dari awal. Belfa flip Decree, kondisi set gw juga ada Decree. Beberapa turn kemudian time call, unggul Life Point. (Sorry Bel...)

Win 2-1

Record 5-2. Optimis lolos karena sukses menang 3x di awal. Standing peringkat 10, masuk Top 16! Berharap ga ketemu BA lagi biar rada gampang karena di Top 8 udah pake sistem draft. Dan lagi lagi...

Top 16 vs Joshua Gunawan CnG, Jakarta - Burning Abyss
Kenapa harus lawan BA lagi -___- lawan Josh lagi yang notabene juara tunggal GT Joglosemar selama ini -____- cuma bisa nyoba tenang biar ga ada missplay.
G1: Shufflenya Josh jago, opening gw 3x Mathematician + 2x Sanctum. Rada lupa gamenya karena emang lama banget, 25 menit. Sukses ngabisin resource Josh di awal sebelum akhirnya resource gw juga abis. Untungnya bisa Shaddol Fusion pake Shaddoll terakhir di deck untuk jadi Construct. Untung ga diganggu trap nakal. Josh sekup pas waktu sisa 5 menit.
G2: Monster gw di Stormforth untuk ngeluarin Majesty's Fiend. Pas udah bisa handle, keluar Vanity's Fiend -___- Bisa handle walau minus banyak. Pas mau ngerush malah time out, YMGL.
G3: Jalan duluan, Hand ada Mathematician, Squamata, Lance, Sinister, Lupa. NS Mathe dump Falco, SS Falco. Set 2 End. Begitu Josh draw ngerasa missplay. Kalo Josh YOLO bikin Dante dump 3 tabok Mathematician gw kalah. Untungnya Hand Josh ga bisa bikin Dante. Dia NS Mathematician dump Scarm. Josh galau mau BP atau gak. Akhirnya dia declare battle mau suicide Mathematician. Damage Step! Forbidden Lance ke Mathe Josh! Inflict 800 Damage! GG!

Win 2-1

Masuk Top 8! Siap-siap untuk ngedraft. Pas bikin deck Draft gw kebagian pool card bareng Sindo, Redima, Sebastian. Skip-skip, ga dapet kartu cuan pas drafting -___-

Top 8 vs Sandy, Surabaya.
Win 2-1

Top 4 vs Sebastian, Bandung (balik Hobbies lagi :v)
Win 2-1

Final vs Denny Susanto, Solo
G1: Decknya Denny jago men -___- Skill Successor nya IMBA
G2: Opening 4 Monster + CoTH. Denny turunin KM Drago. Gw missplay kecapekan. GG

Editor's Note: GG Mas Denny

Lose 0-2

Hasil akhir peringkat 2! Bawa pulang Trophy + DUEA Deluxe (ampas cok, cuma Hypnosister + Pendulum Back -___-) + Playmat BP03.

Overall udah lumayan, udah bisa capai target yaitu masuk Final. Iya, target gw masuk Final doang pas sebelum berangkat. Pas udah Top 8 target Juara ga kesampean kan...

Meta Analysis:

Mengacu pada post-post di grup Yu-Gi-Oh! Yogyakarta, gw menyimpulkan kalau Meta deck nya bakalan BA, Satellarknight, Evilswarm, dan Lightsworn.

Card Tech Choice:

1x Felis, Ligthsworn Archer
Banyak orang gapake kartu ini karena bah and parah kalo kedraw, apalagi 1st turn. Tapi buat gw Felis jauh lebih sering jadi penyelamat dibanding nyampah. Dengan adanya Felis, bisa memperbanyak chance Destiny Draw untuk turntable dan kebukti bener-bener ngebantu.

1x D.D. Crow
Awalnya ini slot untuk 1x MST yang dipake buat gantiin Ignition ketiga atau Double Cylone. Kepikiran pake selembar MST di main soalnya efeknya yang mirip kayak Ignition/Double Cyclone. Gw lebih pilih MST awalnya karena dia lebih universal. Bisa nembak backrow lawan tanpa takut kehabisan Artifact di deck yang harus di set atau bisa nembak Artifact Monster sendiri yang di set tanpa takut lawan ga punya backrow. Sayangnya, di akhir-akhir gw nyoba untuk masukin 1x D.D. Crow karena gw ngerasa BA bakal super banyak di GT kali ini dan gw males liat Dante ngeloop. Beagall nyampah karena destroyernya kurang? Makanya kalo draw Beagalltach jangan langsung di set, siapa tau next turn draw Shaddoll Fusion. Lagian kan Beagalltach masih bisa dibuang untuk effect Beast.

1x Raigeki
Raigeki memang ga terlalu bagus untuk ngelawan deck semacam Shaddoll ataupun BA. Tapi mengingat varian decknya bakalan super variatif, Raigeki masih merupakan kartu yang gabisa dianggap remeh.

Side Deck Choice:

2x Puppet Plant - Mirror Match
2x Flying "C" - BA, Satellarknight, Evilswarm, Any Xyz-Based Deck
1x Ryko, Lightsworn Beast - Evilswarm, backrow.dek
1x D.D. Crow - BA, Satellarknigt, Fire King, etc.
3x Mystical Space Typhoon - Evilswarm, backrow.dek (biasanya selalu masuk di G2, gantiin 2x Beagalltach + 2x Ignition)
2x Forbidden Lance - BA, Evilswarm, backrow.dek
2x Royal Decree - BA, Evilswarm, Burn, backrow.dek
2x Light-Imprisoning Mirror - Satellarknight, LS, Bujin, any Light-themed deck

Decklist:


Swiss Round (Original Pic: Main Deck, Side Deck + Extra Deck)


Booster Draft (Original Pic)

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Hallo, kalau mau mau gabung atau kenal sama teman teman resistance gimana caranya? Leo - Palembang

    ReplyDelete