April 1, 2015

Re-Hype the Hate - Dark World April 2015

Udah lama ga denger kabar dari deck yang satu ini kan? Well, setelah baca artikel ini kamu bakalan punya alasan untuk ngebuat DW jadi terkenal lagi kok lol. Yok langsung aja kita mulai pembahasannya~


Kenapa Dark World? Simple, karena maennya asik dan bisa bikin lawan kesel, apalagi buat kamu yang suka intip-intip kartu di hand lawan. Tapi kenapa sih maennya harus sekarang banget? Alasannya cuma satu, lepasnya kartu bernama Crush Card Virus.

Dibalik errata dan unban-nya kartu-kartu Forbidden seperti Sinister Serpent dan Ring of Destruction, Konami ternyata telah berbaik hati untuk melepas salah satu trap card terkuat di zamannya pada banlist April 2015 ini, iya itu CCV. Hmmm tapi kalo dipikir-pikir lagi, emang CCV bisa dipake di DW gitu? Bisa kok, kalo kalian bawa monster yang namanya Gren di main deck :v. Jokes aside, btw di deck DW yang saya build kali ini, akan ada mix dengan beberapa tech card, seperti kumpulan monster yang jauh lebih bagus dipake buat cost tribute CCV daripada si Gren (ya iyalah), Burning Abyss dan juga salah satu Spell Card yang akhir-akhir ini sangat populer karena bisa SS Masked HERO tanpa menggunakan monster HERO, Mask Change II.

Ide awal saya sebenarnya juga pengen buat deck yg bisa abuse CCV dan pake Dark Law, yang tidak lain adalah BA. Tapi setelah beberapa kali testing deck, limitnya Tour Guide ternyata cukup membuat deck ini kehilangan konsistensi, ditambah lagi belum ada pengumuman tentang efek monster baru BA yang kabarnya akan rilis di booster selanjutnya, CROS. Oleh karena itu, untuk saat ini saya memutuskan untuk menggunakan DW sebagai salah satu deck yang bisa memfasilitasi si BA ini.

Mungkin sebagian dari kita sudah sadar walaupun banlist April telah "membunuh" certain meta deck, seperti Qli, tetapi sasaran deck to beat untuk banlist kali ini sebenarnya tetap sama, Nekroz. Dengan semi-nya Brionac dan limit-nya kartu-kartu floodgate untuk melawan Nekroz seperti Emptiness dan Skill Drain, maka bisa disimpulkan sebentar lagi player Nekroz akan semakin merajalela. Jadi di dalam deck ini, kamu bisa expect adanya kartu-kartu khusus yang dibenci sama player Nekroz, seperti Mind Crush, CCV, Skill Drain, dan juga Dark Law. Penasaran sama deck list nya? Tuh liat di bawah~

Dark World II - 40 Cards

Monsters: 16
3 Grapha, Dragon Lord of Dark World
3 Snoww, Unlight of Dark World
3 Broww, Huntsman of Dark World
1 Beiige, Vanguard of Dark World
3 Scarm, Malebranche of the Burning Abyss
1 Farfa, Malebranche of the Burning Abyss
1 Graff, Malebranche of the Burning Abyss
1 Tour Guide From the Underworld

Spells: 16
3 Dark World Dealings
3 Dragged Down into the Grave
3 The Gates of Dark World
3 Upstart Goblin
2 Mask Change II
1 Foolish Burial
1 Raigeki

Traps: 8
2 Mind Crush
2 Mirror Force
1 Dark Smog
1 Crush Card Virus
1 Eradicator Epidemic Virus
1 Skill Drain

Extra Deck : 15
2 Masked Hero Dark Law
1 Masked Hero Anki
1 Dante, Traveler of the Burning Abyss
1 Wind-Up Zenmaines
1 Mechquipped Angineer
1 Ghostrick Alucard
1 Leviair the Sea Dragon
1 Number 30 : Acid Golem of Destruction
1 Evilswarm Exciton Knight
1 Castel, the Skyblaster Musketeer
1 Downerd Magician
1 Number 15 : Gimmick Puppet Giant Grinder
1 Divine Dragon Knight Felgrand
1 Hieratic Sun Dragon Overlord of Heliopolis

Yap, so first thing first. Ayo kita bahas gimana cara maenin deck ini! Sebenernya play nya sangat mirip dengan play DW pada umumnya, cuma kali ini kita ga hanya fokus untuk SS Grapha aja, tapi juga fokus buat nge-lock lawan pake Dark Law beserta kombinasi cabut-cabut Dragged Down dan Mind Crush. Kamu tau ga sih kalo di field ada Dark Law terus kita aktifin Dark World Dealings atau Dragged Down, efeknya yang banish random card dari hand lawan aktif? Yak jawabannya bener aktif kok, jadi selain bisa intip kartu, kamu juga bisa banish random card di hand lawan. Ga cuma itu aja, ketika kamu ngaktifin CCV atau EEV saat di field ada Dark Law, tau kan hasilnya gimana? Yak, jawabannya kebanish semua lol.

Oke, udahan dulu bahas Dark Law-nya, kita lanjutin bahas Spell Card yang bisa SS Dark Law, Mask Change II. Efeknya yang bisa SS Masked HERO dari Extra Deck telah membuat archetype HERO sifatnya makin universal. Jadi, beruntung bagi kamu yang punya deck dengan atribut DARK, karena kamu sekarang bisa pake Dark Law sepuasnya. Sayangnya Mask Change II hanya bisa SS Masked HERO yang levelnya lebih tinggi dari monster yang di-send ke Graveyard, jadi kamu ga bisa send Grapha untuk SS Dark Law, tapi cuma bisa lewat monster BA dan DW lainnya. Sayangnya lagi, Mask Change II tidak secara gratis bisa kamu aktifkan, karena ada cost nya, yaitu send 1 card dari tangan. Tapi jangan sedih dulu, secara efek monster BA akan tetap aktif walaupun kamu send sebagai cost dan kamu juga bisa buang Grapha ke Graveyard untuk nantinya di SS lagi.

Nah, salah satu kekurangan yang biasanya ditemui saat menggunakan BA adalah tidak bisa digabung dengan archetype lain karena efeknya yang akan langsung "meledak" jika di field ada monster non-BA. Tetapi tenang guys, kamu tetep bisa kok aktifin CCV saat di field ada monster non-BA. Caranya gimana? Jangan lupa kalo di teks efek CCV tidak menyebutkan bahwa monster yang di-tribute harus face-up. Iya bener, jadi kalo kamu set monster BA, kamu masih bisa ngaktifin CCV tanpa membuat monster BA-nya meledak, terlebih lagi efek monster BA tetap jalan~

Baiklah, sekian dulu untuk post kali ini. Bagi kamu yang udah testing pake deck ini, jangan lupa kasih feedback hasil test-nya lewat komen di bawah ya. Cheers guys! Enjoy!

Ali


1 comment:

  1. Sempet kepikiran buat main Dark World, gara-gara Skill Drain, dan manipulasi grave lawan pake Dark Smog, tapi inget di meta tempat main banyak Dark Law, bakal kesusahan --a

    ReplyDelete