January 29, 2012

How to use : Mystical Space Typhoon (MST)

Hai readers,
Sekarang blog resis sudah ada program/acara yang berjudul "how to use", selain untuk menambah variasi postingan di blog, hal ini agar menambah pengetahuan readers yang terkasih dalam penggunaan kartu yang dibahas. Apabila di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia, tulisan tersebut berarti "bagaimana cara menggunakan". Namun di sini lebih ke arah teknik teknik dan efisiensi dalam penggunaan kartu tersebut.

ok lanjut ....
tahu ini kan?



Mystical Space Typhoon adalah quick spell yang sangat fleksibel digunakan di dalam deck, karena seperti yang kalian tahu, kartu ini bisa di aktifkan pada turn player dan turn lawan. penggunaan nya tidak berhenti pada pengaktifan di giliran kita, juga sampai membuat minus lawan. 'MEMBUAT MINUS LAWAN ??'

it sounds interesting

dan pertanyaan terbesar adalah, bagaimana penggunaannya sehingga bisa membuat minus lawan? berikut ini penjelasanya :

Set pada giliran kita
pengesetan MST pada giliran kita merupakan strategi psikologis buat menakuti lawan, hal ini menarik karena selain menakuti lawan, ini juga dapat digunakan untuk menggagalkan strategi lawan yang menggunakan deck berbasis field atau continuous spell seperti dragunity dan valhalla angel. Dan juga dapat memancing lawan menggunakan efek kartu yang seharusnya tidak digunakan untuk menghancurkan back-row tersebut seperti seperti efek Snipe Hunter buat destoroy MST yang tadinya kita set dan lain lain.

Chainlah MST saat lawan mencoba menghancurkannya
chain MST pada efek kartu lawan yang mencoba menghancurkan MST tadi, mengakibatkan lawan kehilangan satu kartu, kecuali lawan tidak memiliki backrow yang di set. Tujuan melakukan tindakan chain ini memiliki arti "dua kartu lawan untuk satu kartu kita", contoh umum :
Contoh 1 :
Field lawan ada 2 backrow dan field kita cuma satu backrow berisi MST yang di set. Pada turn lawan : untuk memastikan aman dari bacrow maka lawan mencoba mengaktifkan MST-nya buat menghancurkan backrow yang kita set, dan ternyata "BOOOM!" kita merespon penghancuran MST yang di set tadi dengan menghancurkan 1 backrow lawan. dua kartu lawan untuk satu MST yang kita set? profit?
Contoh 2 :
saat lawan punya backrow dan kita memiliki 1 backrow yaitu mst posisi set. Pada giliran lawan : lawan mencoba summon Lyla buat jedor backrow kita tadi. dan "Tadaaa" kita chain efek lyla dengan MST buat jedor a backrow mereka, lawan kehilangan efek jedor lyla untuk sementara dan kita sukses menghilangkan efek lyla ditambah jedor 1 backrow lawan. profit?
Contoh 3:
Field lawan kosong, field kita 1 mst yang di-set. Pada giliran lawan : lawan mengaktifkan Dark world lightning (DWL) buat jedor 1 backrow kita tadi. Dan Reaksi kita seharusnya adalah "chain MST ke Dark World lightning!!" karena DWL tidak mendapatkan lagi set yang ingin di jedor, maka lawan tidak dapat mendiscard "their lovely monster" dari hand mereka. :Megusta:

Chainlah MST jika lawan sudah membayar cost continuous spell/trap atau Field Spell
Dari pada basa basi, ok langsung ke contoh soal :

Contoh 4:
Field kita berisi 1 MST posisi set, field lawan kosong. Pada giliran lawan : tanpa pikir panjang, lawan mengaktifkan Dragon ravine. terus lawan mendiscard 1 kartu dari hand buat mengaktifkan efek ravine. Reaksi kita seharusnya, chain MST buat jedor ravine, sehingga lawan tidak mendapatkan efek ravine dan kehilangan 1 kartu. ekspresi lawan "FUUUUUUU!!!!" dan cara ini bisa di gunakan untuk menangkal Fieldnya darkwold dan membuat minus satu monster di grave. ekspresi kita "lala lala ILLAMA PALOSA!!!!"

dan itulah berbagai penggunaan MST yang super sukses menurut saya, oh wai.. Pengesetan MST juga bergantung pada Kondisi deck kita dan deck yang Dilawan, berikut ini adalah ajuran dari saya saat menggunakan MST dan bertemu dengan deck deck berikut ini.

1 Vs Gravekeeper
jika kalian menggunakan grave base deck seperti Chaos deck, simpanlah MST di hand dan jangan sekali kali di set. Harapan terbesar anda adalah menghancurkan Necrovalley di saat yang tepat buat membalik keadaan.
jika anda bukan grave base deck. maka sebaiknya set lah MST untuk menangkal aktifnya necrovalley yang dilanjutkan dengan Royal Tribute.

2. Vs Inzector
jangan set MST untuk menghancurkan equipnya. Ingat, Inzector dragonfly memiliki efek trigger yang berbahaya, meskipun Inzector hornet tidak sempat mengaktifkan efek, tetapi efek dragonfly akan tetap jalan men Special Summon Inzector monster yang lain. Pengesetan MST di turn kita sering sekali menjadi alasan lawan summon Dragonfly buat jedor mst tersebut dan menjalankan broken kombooooo...

3. Vs Dark World
Pengesetan MST tentunya menjadi pilihan yang dianjurkan, kecuali jika anda berencana untuk Oteka dengan menggunakan MST yang akan digunakan untuk pengamanan back-row lawan.

4. Vs Agent
Set pada turn awal awan sangat di anjurkan, kecuali pada turn pertengahan. karena kemungkinan bapaknya deck agen "Hyperion" bisa keluar sangatlah tinggi dan mampu menjedor MST tersebut tanpa ampun.

5. Vs Six Sam
MST yang di set juga dianjurkan di sini, karena pada giliran lawan, gateway nya sixsam menjadi satu satunya "Broken Continuous" yang menentukan kelangsungan permainanm lawa anda di sini.

6. Vs Karakuri & Antimeta
deck ini identik dengan Spell Trap yang tebel buat menunggu waktunya OTK (buat karakuri) dan Kontrol Field ( buat Karakuri dan antimeta). set MST ok lah.

7. Vs Rabbit
seringnya rabbit menggunakan macro cosmos atau dimensional fissure. Oleh karena itu jika anda grave based deck, Simpanlah MST di hand menunggu strategi yang tepat untuk melakukan serangan. dan jika anda bukan grave based deck, set mst? ok lah.

8. Vs Full Monster atau almost full monster
Biasanya pada deck beginian, MST sering menjadi Sampah jika di set untuk mendapatkan profit. oleh karena itu MST lebih baik di hand buat brionac atau summoner monk, dari pada di set. Atau buat ngeramein backrow supayah lawan salah tembak "backrow pembalik keadaan" kita.

9. Synchrocentric
FUUU!! deck ini biasanya jarang ngeset spell/trap. Ngeset MST gak terlalu di anjurkan karena deck ini tidak memiliki ketergantungan yang besar dengan spell/trap. tetapi saat ngeset spell/trap itu pasti buat ngeblock jalannya lawan. Simpan MST buat diaktifkan pada waktu yang tepat.

10. TG Horn dan Skill drain-deck
untuk TG Horn yang seringkali memakai skill Drain, maka simpanlah MST anda jika anda pengguna synchro centric, Inzector atau deck deck yang langsung mati mengenaskan apabila bertemu dengan skill drain.

ok, sekian dulu post dari saya. lebih jangan dipuji kurang jangan di maki gyaaaaa. kritik dan saran sangat diperlukaan di sini. Sampai jumpa di lain waktu dan akhir kata saya ucapkan

TERBANG!!!

No comments:

Post a Comment